Langsung ke konten utama

SENAM POCO-POCO

Gambar terkait


Pengertian Senam
Poco- Poco

Poco-poco merupakan senam yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di negara kita, kekayaan alam dan budaya yang ada di negara kita ini menjadikan negara kita kaya akan kreasi termasuk senam.
Senam poco-poco merupakan senam yang asalnya dari manado Awalnya senam poco-poco adalah salah satu tarian yang ada di manadu. Namun seiring bertambahnya waktu senam poco-poco banyak digemari oleh masarkat Indonesia.
Senam poco-poco mulai booming pada awal tahun 2000an, dimana hampir semua masarakat Indonesia mengenl dan dapat melakukan senam ini. Lalu apa itu poco poco? Tahukah kamu definisi senam poco-poco? Jika kamu belum tahu arti poco poco? Maka dalam artikel ini kami akan menjelaskan tentang pengertian poco poco.


Pengertian Poco-poco

Poco-poco adalah seni menyanyi dan menari khas masyarakat Manado, Sulawesi Utara. Oleh karena berupa nyanyian, maka kesenian ini mempunyai lirik lagu yang menggunakan bahasa Manado. Lagu poco-poco ini memiliki rentak cerita dengan irama seperti cha-cha dan selalu diiringi dengan gerakan menyerupai senam, seperti line dance. Gerakan senam ini selalu dibawakan secara berkelompok.Jika anda pernah memerhatikan senam poco-poco, gerkannya tampak sederhana dan tidak memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Namun dibalik itu, poco-poco yang dilakukan secara teratur dapat memberikan dampak positif bagi yang bersangkutan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Sulawesi Utara, ditemukan korelasi/ hubungan antara senam poco-poco dengan perbaikan kolesterol darah.


Manfaat Poco poco

Berikut penjelasan detail mengenai manfaat poco-poco.
  1. Dapat menurunkan berat badan. Penurunan berat badan dikarenakan berkurangnya cairan akibat keringat dan karena pembakaran lemak yang terjadi di dalam tubuh.
  2. Dapat meningkatkan denyut jantung. Peningkatan denyut jantung menunjukkan bahwa senam poco-poco telah memenuhi senam aerobik.
  3. Dapat meningkatkan nilai kolesterol baik (HDL) menunjukkan bahwa poco-poco mampu memobilisasi lemak.


Gerakan Dasar Poco poco

Gerakan dasar poco-poco diambil dari tarian tradisional Maluku bernama Wayase atau Maku-Maku. Sementara itu, lagu yang mengiringi gerakan diciptakan oleh Arie Sapulette yang berasal dari Ambon yang kemudian dinyanyikan serta dipopulerkan oleh Yoppy Latul yang juga berasal dari Ambon.
Adapun gerakan dasar tarian poco-poco dengan urutan sebagai berikut:
  1. Dua langkah kecil ke kanan, kembali ke tempat.
  2. Mundur satu atau dua langkah ke belakang, kemudian maju ke depan sampai berputar.
  3. Rangkaian gerakan tersebut dilakukan secara berulang-ulang, hingga pesenam selesai memutar tubuh ke empat penjuru angin kemudian kembali ke tempat semula.
Contoh gambar gerakan senam poco-poco :  

Gambar terkait

Berikut adalah tutorial gerakan senam poco-poco


Senam poco-poco massal di Jakarta pada Minggu (5/8/2018) pagi diikuti oleh 65.000 orang. Kegiatan yang digelar pada saat hari bebas kendaraan bermotor (car free day) ini memecahkan rekor dunia Guinness World Record.


Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (kedua kiri) beserta istri Mufidah Jusuf Kalla menari ketika mengikuti pemecahan rekor dunia atau "Guinness World Record" (GWR) Tari Poco-Poco 2018 di Monumen Nasional (Monas), Minggu (5/8/2018). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang apa yang dimaksud poco-poco. Semoga Pengertian Poco-poco dalam blog temukan pengertian ini bisa memberikan manfaat.

Source by : 
http://auliasas.blogspot.com/2015/06/mengatasi-stres-dengan-cara-senam-poco.html
https://www.temukanpengertian.com/2016/02/pengertian-poco-poco.html



Komentar

  1. Kak gimana gerakan kaki dan gerakan tangan senam Poco-Poco tolong di bantu ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PULAU NIHIWATU SUMBA PANTAI TERBAIK DI-ASIA

PULAU NIHIWATU Pantai Nihiwatu, memang tak sepopuler Pantai Kuta. Namun siapa sangka, Pantai Nihiwatu berada di posisi ke-17 dari 100 pantai terbaik di dunia dan satu-satunya pantai di Indonesia yang terpilih menjadi pantai terbaik di Asia. Tak hanya itu saja, Pantai Nihiwatu berhasil melangkahi keindahan Pantai Hanalei Bay di Hawaii yang berada di peringkat 27! Tak hanya pemandangannya yang menakjubkan, pantai ini menjadi salah satu surga bagi parasurfer dunia untuk mencoba keganasan ombak pantai tersebut. Pantai berpasir putih ini mendapat julukan Left God Waves karena keganasan dan kesempurnaan ombaknya. Ombak di Nihiwatu diklaim sebagai salah satu yang tercepat di dunia. Hal tersebut menjadikan peselancar dunia penasaran untuk menaklukan ombak di pantai ini. Tidak semua peselancar bisa berselancar bersamaan dalam satu waktu. Di tempat ini hanya dibatasi maksimal 10 peselancar yang berada di pantai demi menjaga keamanan dan keselamatan mereka. Selain berselanc

Tempat wisata kawah Ijen Bayuwangi,Jatim

Kawah Ijen - Banyuwangi, Jawa Timur  Eksotisme Jawa Timur tidak berhenti di Gunung Bromo dan sekitarnya, lho. Di Banyuwangi ada satu tempat wisata menarik yang sangat terkenal di kalangan wisatawan, yakni Kawah Ijen. Kawah Ijen merupakan danau belerang terbesar di Pulau Jawa. Yang menarik, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan kawah berwarna toska dan biru api pada tengah malam menjelang subuh. Untuk bisa mencapai puncak kawah, Anda harus mendaki tebing sepanjang 3 km dengan kemiringan pendakian sekitar 25-30 derajat. Meski melelahkan, seluruh penat yang terasa akan hilang seketika begitu sampai di tempat wisata nan memesona ini. SOURCE BY :  https://www.traveloka.com/activities/indonesia